Pages

Subscribe:

1/24/2013

7 Manfaat Duduk dengan Postur Tepat

 
Sahabat Beauty And Style -  Duduk dengan posisi yang tepat saat Anda bekerja bukan hanya menggambarkan keseriusan Anda, namun di balik sikap tersebut terdapat beberapa manfaat lainnya bagi kesehatan. Seperti manfaatnya berikut ini.

1. Mengurangi nyeri punggung dan leher. Manfaat paling berharga dari memiliki postur tubuh yang baik saat duduk ialah berkurangnya risiko untuk terkena sakit punggung dan leher. Ketika Anda mempertahankan postur tubuh yang baik, tubuh tetap dalam keselarasan. Akibatnya, otot-otot dan ligamen tidak menjadi tegang, sehingga pada akhirnya akan mengurangi sakit pada leher dan punggung bagian belakang.

2. Mengurangi kemungkinan arthritis. Postur yang baik saat duduk akan mengurangi ketegangan yang datang pada otot dan ligamen. Sehingga pada akhirnya akan mengurangi kemungkinan tulang semakin rapuh. Dalam hal ini, risiko tertular arthritis juga akan semakin berkurang.

3. Mengurangi kelelahan. Ketika tubuh tetap dalam keselarasan, otot-otot yang digunakan akan lebih efisien. Hal ini akan mengakibatkan, produktivitas tubuh meningkat dan jumlah kelelahan yang Anda alami menurun.

4. Memfasilitasi proses respirasi. Ketika Anda duduk tegak, otot-otot Anda akan rileks dan Anda merasa mudah untuk bernapas. Studi mengungkapkan, orang dengan postur tubuh yang baik merasa jauh lebih mudah untuk bernapas daripada mereka yang bungkuk.

5. Memfasilitasi sirkulasi darah. Postur tubuh yang baik akan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Akibatnya, akan mengurangi risiko penurunan penggumpalan darah, obstruksi saraf dan masalah pada pembuluh darah.

6. Meningkatkan konsentrasi. Seperti disebutkan sebelumnya, postur tubuh yang baik akan memudahkan Anda untuk bernapas. Ketika Anda bernapas dengan mudah, Anda cenderung untuk menghirup lebih banyak oksigen yang dibutuhkan oleh otak untuk berfungsi secara efektif. Ketika otak berfungsi secara efektif, kemampuan kognitif dan tingkat konsentrasi akan lebih tinggi.

7. Meningkatkan kepercayaan diri. Studi menunjukkan bahwa orang dengan postur tubuh yang baik akan lebih percaya diri dibandingkan mereka yang memiliki postur tubuh yang buruk. Hal ini karena ketika Anda duduk lurus dan berdiri tegak, Anda merasa sangat percaya diri. Cobalah duduk lurus selama 2 menit di kursi Anda sekarang, dan lihatlah perbedaannya.

0 comments:

Post a Comment