Pages

Subscribe:

1/30/2013

7 Tips makan yang dibutuhkan tubuh, bukan diinginkan mulut

7 Tips makan yang dibutuhkan tubuh, bukan diinginkan mulut

Sahabat Beauty And Style - "You are what you eat," artinya Anda adalah apa yang Anda makan. Jika suka makan makanan yang tidak sehat, jangan salahkan orang lain ketika Anda akhirnya jatuh sakit.
Agar tidak terjadi hal buruk pada kesehatan, mulai sekarang ubah kebiasaan makan sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh, bukan diinginkan mulut seperti yang dilansir dari iDiva berikut ini.

Makan tepat waktu

Penuhi kebutuhan nutrisi dengan selalu makan tepat waktu, di pagi, siang dan malam hari. Jika ingin ngemil, pilih makanan ringan yang bergizi dan nikmati di luar waktu makan besar yang sudah disebutkan.

Jangan emosional

Makan bukan solusi dari rasa bosan, lelah, marah, depresi, dan sebal Anda. Sebelum menyantap donat, redam dulu seluruh perasaan buruk dalam diri. Jangan sampai makan dalam keadaan emosional karena artinya Anda hanya akan menimbun lemak di tubuh.

Saat makan bersama

Secara tidak sadar, ketika sedang makan bersama keluarga atau teman, nafsu makan biasanya bertambah. Hal itu disebabkan oleh pola makan orang lain yang ikut mempengaruhi Anda. Jika Anda sadar, sebaiknya jangan sampai tergoda untuk makan berlebihan.

Cinta gula

Lantas bagaimana dengan orang yang suka ngemil makanan manis? Mudah, ganti saja camilan manis dengan makan buah-buahan. Jika tidak puas, buat kue atau makanan penutup sendiri dengan bahan alami. Anda pun bisa mengontrol jumlah gula di dalamnya.

Mengganti alat makan

Semakin besar piring, mangkuk, gelas, dan sendok, semakin banyak pula porsi makan yang Anda habiskan. Untuk mengatasinya, ganti alat makan dengan ukuran yang lebih kecil. Mata bisa mengelabui diri agar Anda makan sesuai kebutuhan tubuh, bukan keinginan mulut.

Matikan televisi

Jangan pernah makan sambil menonton televisi. Perhatian Anda akan terbagi pada dua hal dan akhirnya kehilangan kontrol dalam mengunyah. Secara tidak sadar, Anda mungkin sudah menghabiskan lebih dari porsi normal saat makan sambil menonton televisi.

Belanja saat lapar

Tips terakhir adalah dengan tidak berbelanja ketika merasa lapar. Pertama, keputusan Anda dalam memilih barang akan menjadi lebih buruk karena pikiran sedang tidak fokus. Kedua, Anda akan berusaha mencari camilan tidak sehat demi mengatasi rasa lapar yang melanda ketika berbelanja.
Itulah tps agar makan sesuai apa yang dibutuhkan tubuh, bukan diinginkan mulut. Selamat mencoba!

0 comments:

Post a Comment